Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki???

Monday, September 30, 20130 comments

Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki?
Burung Flamingo merupakan salah satu jenis burung rawa yang terkenal dengan kakinya yang panjang dan bulunya yang merah muda. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh burung Flamingo ini adalah, mereka akan tidur dengan satu kaki diangkat. Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki diangkat???

Seorang ilmuwan dari Universitas Saint Joseph di Philadelphia, Amerika Serikat yang bernama Enter Matthew Anderson, telah melakukan sebuah penelitian di kebun binatang setempat untuk membuka misteri fenomena unik tersebut.

Dari hasil penelitian beliau, ditemukan fakta bahwa semakin panas kondisi di sekitar flamingo, maka akan semakin banyak flamingo yang berdiri dengan kedua kakinya. Sementara jika suhu di sekitar dingin, kebanyakan flamingo akan berdiri dengan satu kaki. 

Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa, Flamingo tidur dengan mengangkat satu kakinya bertujuan untuk menjaga agar tubuhnya tetap hangat, atau untuk mengurangi kehilangan panas tubuh akibat dari suhu yang dingin.

Karena seperti yang kita ketahui, air akan membuat panas cepat menghilang. Sedangkan burung flamingo banyak menghabiskan waktunya berada di air sehingga memerlukan cara untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Meski masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, Anderson yakin bahwa alasan mengapa flamingo tidur dengan mengangkat satu kakinya adalah untuk mempertahankan suhu atau thermoregulation. 

Menurutnya hal ini lebih masuk akal daripada teori sebelumnya yang mengatakan bahwa flamingo tidur dengan satu kaki untuk mengurangi kelelahan otot, sehingga dapat kabur lebih cepat ketika ada predator mendekat. Karena pada kenyataannya flamingo akan lebih cepat terbang ketika kedua kakinya berpijak di permukaan tanah.

Referensi : achtungpanzer.blogspot.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger