Informasi Tentang Burung Berkik-gunung merah

Thursday, May 30, 20130 comments

Informasi Tentang Burung Berkik-gunung merah
Burung Berkik-gunung merah memiliki nama latin Scolopax saturata. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal juga dengan nama Dusky Woodcock atau Rufous Woodcock.

Burung ini merupakan jenis burung berukuran kecil, bahkan lebih kecil dibandingkan dengan Eurasian Woodcock, serta memiliki warna bulu yang lebih gelap.

Habitat burung berkik-gunung merah adalah hutan gunung yang lembab di Pulau Sumatera dan Jawa. Mereka dapat ditemukan di daerah hutan gunung dengan ketinggian antara 1500 - 3000 m di atas permukaan laut.

Burung berkik-gunung merah membuat sarang berupa lumut di semak yang tidak terlalu rimbun. Tidak diketahui berapa jumlah dari populasi burung jenis ini. Namun yang pasti mereka masih sering terlihat di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Seperti yang kita tahu, luas hutan di Jawa dan Sumatera kian hari kian menyempit akibat pembukaan lahan baru dan penebangan liar, tetapi hutan gunung sebagai habitat utama jenis burung ini, masih relatif aman. Meskipun demikian, populasi mereka setiap tahunnya mengalami trend menurun. Dan saat ini menurut IUCN Redlist, populasi burung berkik-gunung merah berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : wikipedia dan birdlife.org
credit image : digitalgallery.nypl.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger