7 Burung Mitos Paling Terkenal di Dunia

Wednesday, August 28, 20135comments

Setiap Negara, setiap kebudayaan, setiap peradaban, tidak pernah lepas dari yang namanya mitos. Tak terkecuali mitos-mitos tentang makhluk terbang yang menyerupai burung. Nah berikut ini ada 7 Burung Mitos Paling Terkenal di Dunia yang akan menambah wawasan anda :

1. Phoenix atau Feniks
original image : projectcarpediem.net
Dalam mitologi Yunani Kuno disebutkan bahwa Phoenix merupakan jenis burung berumur panjang yang mengalami proses hidup kembali. Konon Phoenix yang sudah tua akan membakar dirinya sendiri, dan dari abunya tersebut akan terlahir burung Phoenix baru.

2. Garuda
Gambar ilustrai Garuda
original image by: powerlisting.wikia.com
Merupakan merupakan salah satu Dewa dalam agama Hindu. Kata 'Garuda' sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Konon Garuda memiliki tubuh emas berbentuk manusia dengan wajah putih dan memiliki paruh dan sayap yang menyerupai elang. Ukuran tubuhnya begitu besar, bahkan sampai bisa menghalangi matahari. Bangsa Jepang juga mengenal makhluk mitologi yang menyerupai Garuda yaitu Karura. Sedangkan di Thailand dikenal dengan nama Pha Krut atau Krut.

3. Griffin atau Gryphon
Gambar ilustrasi Griffin atau Gryphon
original image by : delay-ad.org
Merupakan sebuah makhluk mitologi yang berbadan, berekor, dan berkaki belakang singa, tetapi memiliki kepala dan sayap menyerupai elang, serta kaki depannya memiliki cakar menyerupai elang. Ini adalah sebuah lambang makhluk yang berkuasa di darat (singa) dan juga di angkasa (elang).

4. Peng
Gambar ilustrasi burung mitologi China bernama Peng
original image : megamitensei.wikia.com
Menurut Mitologi China, Peng merupakan sosok burung raksasa yang merupakan perubahan dari Kun (ikan raksasa dalam mitologi China). Bisa dikatakan Peng memiliki kemiripan bentuk dengan Roc atau Garuda.

5. Roc atau Rukh
Gambar ilustrasi Roc atau Rukh
original image by : 344.photobucket.com
Diambil dari bahara Arap dan Persia 'Rokh' merupakan seekor burung pemangsa berukuran raksasa legendaris yang konon berwarna putih. Burung mitologi ini muncul dalam dongeng arab terutama dongeng tentang seorang pelaut yang bernama Ibnu Battuta. Dimana dalam dongeng Ibnu Battuta, diceritakan bahwa ada makhluk seukuran gunung yang melayang di atas Laut China yang kemudian disebut Roc.

6. Impundulu (Thunderbird atau Lightning Bird)
Gambar ilustrasi Impundulu (Thunderbird atau Lightning Bird)
original image by : damie-m.deviantart.com
Dikenal juga dengan nama Thekwane, yaitu makhluk mitologi dari Afrika Selatan. Konon Impundulu merupakan seekor burung berwarna putih dan hitam sebesar manusia yang dapat memanggil petir dan kilat dengan menggunakan sayap dan cakarnya. Menurut kepercayaan setempat, Impundulu merupakan makhluk sihir yang haus akan darah, dan sering berwujud pemuda tampan yang menggoda wanita.

7. Gandaberunda
Foto Gandaberunda
Dikenal juga dengan nama Berunda. Merupakan burung berkepala dua yang memiliki kekuatan magis dalam mitologi Hindu. Burung ini digambarkan memiliki ukuran yang sangat besar. Hal ini tampak dari ukiran pada candi Hindu yang memperlihatkan  burung ini membawa dua ekor gajah di kedua cakarnya.

Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 5 comments

January 10, 2014 at 9:15 AM

keren artikelnya gan.

www.kiostiket.com

July 26, 2015 at 6:44 AM

Keren artikel burung IMPUNDULU!!

April 20, 2016 at 5:36 AM

mantap gan..
goo.gl/FVpOnN

April 22, 2017 at 5:18 AM

Griffin mirip bgt sama Buckbeak sehejis Hippogriff di film Harry Potter seri ke 3 (And The Prisoner of Azkaban)

Kalo Phoenix nya juga ada yg di Harry Potter seri ke 2 (And The Chamber Of Secret)

October 18, 2023 at 8:41 PM

Yatagarasu gagak berkaki 3 penguasa api neraka

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger