Mengenal Burung Serindit Jawa

Wednesday, August 28, 20130 comments

Foto Burung Serindit Jawa
Burung Serindit Jawa memiliki nama latin Loriculus pusillus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Yellow-throated Hanging-parrot dikarenakan bagian tenggorokannya berwarna kuning.

Serindit jawa merupakan spesies burung beo berukuran kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12 cm. Burung ini memiliki dominan warna hijau dimana tubuh bagian atas berwarna hijau terang, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau kekuningan. Bagian tunggung, penutup ekor dan tunggir berwarna merah. Serta memiliki bercak kuning pada bagian tenggorokan. Iris dan paruh berwarna kuning sementara kakinya berwarna jingga.

Burung Serindit Jawa Jantan dan Betina memiliki penampakan yang nyaris sama. Hanya saja, bercak kuning pada bagian tenggorokan Serindit Jawa betina dan Serindit Jawa Muda jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang jantan.

Habitat burung Serindit Jawa adalah di hutan-hutan di wilayah Jawa dan Bali dengan ketinggian mencapai 2.000 m di atas permukaan laut. Kemungkinan besar, mereka adalah burung yang selalu berpindah-pindah tempat hidup.

Serindit Jawa sering terlihat terbang cepat dalam sebuah kelompok kecil di atas hutan sambil berteriak-teriak. Makanan burung Serindit Jawa antara lain kuncup bunga dan bunga-bungaan, serta buah-buahan yang berukuran kecil.

Yang unik dari spesies burung ini adalah, mereka sering tidur tergantung dengan posisi kepala di bagian bawah. Serindit Jawa Betina sering tampak membawa material untuk membuat sarang yang diselipkan di antara bulu-bulu tunggirnya.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung Serindit Jawa saat ini berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah Appendix II, yang artinya dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu
Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger