Mengenal Burung Pergam Putih

Saturday, July 27, 20130 comments


Pergam Putih, TN Tangkoko Sulawesi © David and Nancy Massie

Burung pergam putih memiliki nama latin Ducula luctuosa. Dalam bahasa Inggris burung yang masih termasuk dalam keluarga Columbidae atau keluarga merpati ini dikenal dengan nama Silver-tipped Imperial Pigeon.

Burung jenis ini memiliki warna bulu dominan putih, mulai dari bagian kepala, puggung, hingga bagian perut dan kakinya. Burung ini tergolong jenis merpati yang berbadan besar. Panjang tubuhnya sekitar 43 cm.

Burung pergam putih merupakan burung endemik Sulawesi. Habitat burung pergam putih antara lain di wlayah hutan, lahan yang banyak pohon tingginya, dan juga Mengrove yang terdapat di Pulau Sulawesi dan Pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Burung jenis ini terkadang dianggap sebagai sub-spesies dari Pied Imperial Pigeon, tetapi pada kenyataannya burung ini memiliki ujung paruh yang berwarna kekuningan, tutul hitam di dekat lobang hidungnya, dan ujung sayapnya berwarna abu-abu-perak.

Menurut data IUCN, populasi burung pergam putih berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Namun karena daerah penyebarannya yang terbatas di sekitar Sulawesi saja, jika kita tidak peduli dengan kelestarian mereka, bisa saja populasi mereka akan terancam.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger