Horned Sungem, Burung dengan kepakan sayap tercepat di dunia

Saturday, July 27, 20130 comments


MucugĂȘ, Bahia, Brazil; 26 February 2009 © Ciro Albano

Burung Horned Sungem merupakan satu-satunya wakil dari genus Heliactin. Burung ini masih termasuk kedalam spesies burung hummingbird yang terkenal dengan badannya yang super mungil. Nama ilmiah burung ini "bilophus" terkadang merujuk pada nomen oblitum. Sehingga ada yang mengatakan kalau burung ini akan lebih tepat jika diberi nama ilmiah Heliactin cornutus.

Burung yang betina memiliki warna hijau di bagian atas dengan warna putih bersih pada bagian bawah badan. Burung jantan memiliki mahkota indah berwarna biru dengan semacam bulu yang membentuk seperti tanduk (horn) di bagian kepalanya yang berwarna merah, biru dan emas. Burung jantan juga memiliki satu bulu ekor yang memanjang.

Burung Horned Sungem terkenal sebagai burung dengan kepakan sayap tercepat di dunia. Dalam satu menit, burung Horned Sungem ini dilaporkan mampu mengepakkan sayapnya sebanyak 10.000 kali. Anda tidak akan mampu melihat pergerakan sayapnya dengan mata telanjang.

Habitat burung horned sungem adalah di daerah semi terbuka atau terbuka yang kering seperti daerah padang rumput (savanna) dan cerrado, serta cenderung menghindari hutan-hutan yang lembab. Daerah penyebaran burung horned sungem yaitu di Bolivia, Brasil, dan Suriname.

Menurut Red List IUCN, populasi burung horned sungem berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia dan neotropical.birds.cornell.edu
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger