Mengenal Burung Hantu Serak Sulawesi

Monday, December 9, 20130 comments

Informasi tentang Burung Hantu Serak Sulawesi
Serak sulawesi, TN Tangkoko, Sulawesi Utara © James Eaton
Burung Hantu Serak Sulawesi memiliki nama latin Tyto rosenbergii. Burung hantu jenis ini adalah salah satu burung hantu endemik Indonesia yang hidup di wilayah Sulawesi. Dalam bahasa Inggris dikenla dengan nama Sulawesi Masked Owl.

Serak Sulawesi merupakan jenis burung hantu yang memiliki ukuran tubuh besar. Panjang tubuh dewasanya mencapai 43 cm hingga 46 cm dengan warna bulu bagian atas cokelat abu-abu gelap dan bagian bawah memiliki bintik-bintik kehitaman. Burung ini memiliki lempeng muka putih sedikit gelap dengan tepian hitam, serta memiliki ekor berpalang tebal.

Karena ini adalah burung hantu endemik Sulawesi, serak sulawesi hanya dapat ditemukan di wilayah Sub-kawasan Sulawesi tepatnya di wilayah Sangihe dan Banggai. Terdapat 2 sub-spesies dari burung hantu jenis ini yaitu :
  1. rosenbergii :  dapat ditemukan di wilayah Sulawesi dan Sangihe.
  2. pelengensis : hidup di wilayah Kepulauan Banggai (Peleng).
Habitat burung hantu serak sulawesi adalah di sekitaran tepian hutan, perkebunan kelapa, hingga ke kawasan pedesaan dengan ketinggian mencapai 1200 m di atas permukaan laut.

Menurut data Red List IUCN, populasi serak sulawesi saat ini berada pada status "Resiko Rendah (LC)", sedangkan status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", sehingga masih dapat diperjualbelikan asalkan mengikuti aturan yang berlaku.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger