Mengenal Burung Wiwik Maluku

Thursday, October 17, 20130 comments

Mengenal Burung Wiwik Maluku
Burung Wiwik Maluku memiliki nama latin Cacomantis heinrichi. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Moluccan Cuckoo. Burung ini merupakan salah satu satwa endemik Indonesia yang berasal dari Maluku.

Wiwik Maluku memiliki tubuh yang berukuran sedang dengan panjang dewasanya sekitar 24 cm. Bagian atas tubuhnya berwarna cokelat zaitun, tenggorokannya berwarna abu-abu tua, bagian dada dan perutnya berwarna merah karat gelap, kaki berwarna kuning, dan penutup sayap bagian bawahnya berwarna merah gelap.

Habitat burung wiwik maluku adalah di daerah hutan tropis dan subtropis dataran rendah, serta hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.500 m di atas permukaan air laut di wilayah Maluku Utara.

Daerah penyebaran burung wiwik maluku hanyalah di Pulau Bacan dan Halmahera, Maluku Utara. Wiwik Maluku yang hidup di hutan Gunung Gamkanora, Halmahera berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl. Sementara yang hidup di Gunung Sibela di Bacan pada rentang ketinggian antara 1400 – 1500 mdpl.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung wiwik maluku berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : wikipedia dan kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger