Informasi Tentang Burung Puyuh Gonggong Biasa

Sunday, May 19, 20130 comments

Gambar Burung Puyuh Gonggong Biasa
Burung Puyuh Gonggong Biasa memiliki nama latin Arborophila orientalis. Jumlah mereka saat ini bisa dibilang masih banyak, tetapi jika perburuan liar, dan penggundulan hutan terus-terusan dilakukan, jumlah mereka akan dapat menurun dengan drastis.

Ciri-ciri fisik burung puyuh gonggong biasa antara lain panjangnya hanya sekitar 28 cm, kakinya pendek, biasanya berwarna abu-abu, warna lebih gelap di punggung bagian bawah hingga ekor, serta memiliki wajah yang berwarna putih. Lebih jelasnya lihatlah gambar di atas.

Habitat burung puyuh gonggong biasa ini adalah di daerah hutan dan padang rumput terbuka dengan ketinggian dari 500 hingga lebih dari 1700 m di atas permukaan laut. Daerah penyebarannya burung ini adalah bagian TImur dari Jawa Timur meliputi Malang hingga banyuwangi.

Pada mulanya diperkirakan hanya ada sekitar 1000-10.000 ekor burung puyuh gonggong biasa ini. Namun belakangan ditemukan pula spesies ini di daerah penyebaran yang lebih luas, sehingga diperkirakan saat ini jumlahnya ada sekitar 11.000-28.000 pasang.

Dalam mencari makan biasanya burung ini akan berada dalam sebuah kelompok kecil atau hanya berpasangan saja. Menu makan mereka adalah biji-bijian, serangga, dan buah-buahan.

Referensi : http://www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=215
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger