Informasi Tentang Elang-alap Maluku

Tuesday, May 21, 20130 comments

Informasi Tentang Elang-alap Maluku
Elang-alap Maluku memiliki nama latin Accipiter rhodogaster. Dalam Bahasa Inggris, jenis burung ini memiliki beberapa nama lain seperti Gray-throated Sparrowhawk, Moluccan Collared Sparrowhawk, Grey Moluccan Collared Sparrowhawk, dan Moluccan Sparrowhawk.

Terdapat 2 jenis Elang-alap Maluku di dunia ini. yaitu  A. e. ceramensis yang menghuni daerah Maluku bagian Selatan seperti Pulau Buru, Ambon, dan Seram; dan A. e. erythrauchen yang menghuni Maluku bagian Utara seperti Pulau Motrotai, Halmahera, Bacan, dan Obi.

Penyeberan dan Habitat Elang-alap Maluku ini adalah daerah hutan dataran rendah dan perbukitan dengan ketinggian sekitar 650-1400 m di atas permukaan air laut di daerah Maluku dan sekitarnya. 

Mereka terkadang terlihat tengah bertengger di pohon di pinggiran hutan. Kebanyakan terlihat sendirian, tetapi tak jarag juga ada yang terlihat berpasangan.

Makanan atau mangsa Elang-alap Maluku adalah burung-burung berukuran kecil hingga medium. Mereka biasanya menyambar mangsanya tersebut ketika terbang.

Populasi elang-alap Maluku ditetapkan pada status "Least Concern (Beresiko Rendah)" oleh BirdLife International tahun 2008.

Referensi : globalraptors.org dan planetofbirds.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger