Mengenal Burung Uncal Besar

Friday, May 31, 20130 comments

Foto burung uncal besar
Burung Uncal Besar memiliki nama latin Reinwardtoena reinwardtii. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama The Great Cuckoo-Dove. Burung endemik Indonesia ini merupakan burung dari family Columbidae.

Pada bagian kepala, leher, dan tubuh bagian bawah bulunya berwarna putih keabu-abuan, sedangkan bagian lainnya berwarna cokelat kemerah-merahan. Burung ini juga memiliki ekor yang sangat panjang dan bertingkat-tingkat.

Habitat burung uncal besar adalah daerah hutan perbukitan, tetapi terkadang terlihat juga terbang hingga daerah dekat pemukiman warga yang memiliki ketinggian sekitar 650 di atas permukaan laut.

Burung yang masih termasuk jenis merpati ini merupakan burung yang soliter. Mereka mencari makan di rerimbunan dan juga di tepian hutan serta sering terlihat berada di permukaan tanah. Makanan burung Uncal besar antara lain buah pohon Schefflera spp., dan buah dari vegetasi lain dari suku Araliaceae.

Masih sangat sedikit sekali informasi mengenai jenis burung yang satu ini. Beberapa yang berhasil kami dapat antara lain adalah burung Uncal Besar membuat sarangnya di batu besar dekat dengan air terjun. 

Burung ini merupakan burung endemik Pulau Papua dan saat ini berada dalam status "Beresiko Rendah (LC)". Daerah penyebaran burung uncal besar antara lain Maluku, Papua, Kepulauan D’Entrecasteaux dan Pulau Karkar.

Referensi : kutilang.or.id dan wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger