Informasi Tentang Burung Walik Malomiti

Monday, June 3, 20130 comments

Burung Walik Malomiti
Burung Walik Malomiti memiliki nama latin Ptilinopus subgularis atau dalam bahasa INggris lebih dikenal dengan nama Maroon-chinned Fruit-dove.

Burung Walik Malomiti memiliki tubuh yang lumayan besar. Panjang tubuhnya sekitar 31 cm. Bulu di bagian tubuh bagian bawah, leher, dan kepala berwarna abu-abu pucat. Pada bagian bawah paruh terdapat semacam bercak berwarna gelap.

Habitat burung Walik Malomiti adalah hutan primer dan hutan perbukitan dengan ketinggian hingga 800 m di atas permukaan laut. Burung jenis ini hanya dapat ditemukan di Pulau Sulawesi dan sekitarnya seperti Kepulauan Sula, Pulau Taliabu, Pulau Seho, dan Pulau Mangole.

Burung walik malomiti memiliki 3 ras yang berbeda yaitu :
  • Epia yang mendiami wilayah Sulawesi bagian Utara, Timur, dan Tengah bagian Utara.
  • Subgularis yang mendiami wilayah Kepulauan Banggai (Pulau Peleng dan Banggai). Ras ini memiliki bercak dada lebih kecil, serta warna penutup ekor bagian bawahnya lebih gelap.
  • Mangoliensis yang mendiami wilayah Kepulauan Sula. Burung ini memiliki ciri dada yang tidak berbintik, serta berwarna kuning kehijauan pada bagian leher dan sebagian besar bagian tubuh bagian bawah.
Populasi burung walik malomiti saat ini berada pada status "Hampir terancam (NT)", menurut Red List IUCN.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger