Mengenal Burung Pergam mata-putih

Tuesday, July 23, 20130 comments

Foto burung pergam mata putih
Pergam Mata-putih neglecta, Seram Maluku © Jon Hornbuckle
Burung Pergam mata-putih memiliki nama latin Ducula perspicillata. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama White-eyed imperial pigeon. Burung yang masih termasuk keluarga merpati ini merupakan spesies burung endemik Maluku.

Burung pergam mata-putih termasuk jenis burung berukuran besar. Panjang tubuh burung yang sudah dewasa berkisar antara 42 hingga 48 cm. Ciri utama dari burung jenis ini adalah memiliki lingkaran putih pada sekitar mata, kepala berwarna abu-abu agak gelap, serta memiliki penutup sayap bagian bawah yang berwarna abu-abu merah-muda.

Terdapat 2 sub-spesies dari burung pergam mata putih ini, yaitu ; (1) perspicillata yang tersebar di daerah Maluku Utara, Barat & Barat daya, termasuk di dalamnya antara lain Morotai, Halmahera, Loleba Besar, Bacan, Obi, Ternate, Tidore, Buru, Widi, Moti, Damar, Kayoa, Kasiruta, dan Bisa ) serta Kofiau (Papua Barat). (2) neglecta yang daerah penyebarannya meliputi wilayah Maluku Selatan yaitu ;  Seram, Boano, Saparua, dan Ambon.

Habitat burung pergam mata-putih antara lain di hutan primer, hutan sekunder yang tinggi, tepian hutan, lahan pertanian yang berpohon jarang, serta hutan mangrove hingga ketinggian 850 m di atas permukaan laut.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung pergam mata-putih saat ini berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger