17 Jenis Penguin yang Ada di Dunia ini

Saturday, August 24, 20131comments

Di dunia ini ada sebanyak 17 spesies pinguin yang masih eksis saat ini, dan yang sudah teridentifikasi. Ketujuhbelas spesies pinguin tersebut dibedakan berdasarkan karakteristik, daerah distribusi dan beberapa kriteria lainnya. Dan berikut ini adalah 17 spesies penguin tersebut :

1. Adelie Penguin
Foto penguin adelie (Pygoscelis adeliae)
Memiliki nama latin Pygoscelis adeliae. Panjang tubuhnya sekitar 70 cm. Daerah Penyebarannya adalah di Antartika, South Shetlands, South Orkneys, Bouvet, Balleny dan Peter Island. Diperkirakan jumlah populasinya saat ini ada sekitar 2,5 juta pasang.

2. Penguin Afrika
Foto Penguin Afrika (Spheniscus demersus)
Memiliki nama latin Spheniscus demersus. Panjang tubuhnya sekitar 68 cm. Daerah penyebaran penguin jenis ini adalah di wilayah Namibia dan Afrika Selatan. Diperkirakan populasi mereka saat ini ada sekitar 70.000 pasang.


3. Chinstrap Penguin
Foto Penguin Chinstrap (Pygoscelis antarctica)
Memiliki nama latin Pygoscelis antarctica. Panjang tubuhnya sekitar 74 cm. Daerah penyebarannya adalah di wilayah Kepulauan Sandwich Selatan, Semenanjung antartika, South Orkneys, South Shetlands, South Georgia, Bouvet, Balleny dan Peter Island. Saat ini diperkirakan jumlahnya ada sekitar 7,5 juta pasang.

4. Penguin Emperor
Foto Penguin Emperor (Aptenodytes forsteri)
Memiliki nama latin Aptenodytes forsteri. Memiliki panjang tubuh sekitar 120cm. Hanya hidup di wilayah Antartika. Diperkirakan saat ini jumlahnya ada sekitar 220 ribu pasang.

5. Erect-crested Penguin
Foto Erect-crested Penguin (Eudyptes sclateri)
Memiliki nama latin Eudyptes sclateri. Panjang tubuhnya sekitar 67 cm. Daerah penyebaran penguin jenis ini adalah di wilayah Antipodes, Bounty, Auckland dan Kepulauan Campbell. Populasinya saat ini diperkirakan ada sekitar 170.000 pasang.

6. Penguin Fiordland 
Foto Penguin Fiordland  (Eudyptes pachyrhynchus)
Memiliki nama latin Eudyptes pachyrhynchus. Panjang tubuhnya hanya sekitar 55 cm dengan berat badan 4 kg. Mereka hanya dapat ditemukan di Selandia Baru. Populasinya saat ini hanya sekitar 3.000 pasang saja.

7. Penguin Galapagos
Foto Penguin Galapagos (Spheniscus mendiculus)
Memiliki nama latin Spheniscus mendiculus. Panjang tubuhnya hanya sekitar 49 cm. Mereka hanya hidup di Kepulauan Galapagos. Populasi mereka saat ini diperkirakan hanya ada sekitar 1.000 pasang saja.

8. Penguin Gentoo
Memiliki nama latin Pygoscelis papua. Badannya lumayan besar dengan panjang tubuh sekitar 80 cm. Daerah penyebaran mereka adalah daerah Semenanjung Antartika, dan Kepulauan Subantartika. Diperkirakan populasi mereka saat ini ada sekitar 320.000 pasang.

9. Penguin Humboldt
Foto Penguin Humboldt
Memiliki nama latin Spheniscus humboldti. Panjang tubuhnya sekitar 70 cm. Daerah penyebarannya meliputi Chili bagian Utara dan Peru. Saat ini jumlahnya diperkirakan hanya ada sekitar 12.000 pasang.

10. Penguin Raja (King Penguin)
Foto penguin raja (Aptenodytes patagonicus)
Memiliki nama latin Aptenodytes patagonicus. Badannya cukup besar dengan panjang tubuh sekitar 90 cm. Daerah penyebaran mereka meliputi Kepulauan Marion, Prince Edward, Crozet, Kerguelen, Heard, Macquarie, South Georgia dan Falkland. Populasi mereka saat ini sekitar 2 juta pasang.

11. Little (Blue or Fairy) Penguin
Foto Little (Blue or Fairy) Penguin
Memiliki nama latin Eudyptula minor. Panjang tubuhnya hanya sekitar 43 cm. Mereka hidup di wilayah Australia dan Selandia Baru. Populasi mereka diperkirakan ada sekitar 500 ribu pasang.

12. Penguin Macaroni
Foto Penguin Macaroni (Eudyptes chrysolophus)
Memiliki nama latin Eudyptes chrysolophus. Memiliki panjang tubuh sekitar 70 cm. Daerah penyebarannya meliputi Georgia Selatan, Sandwich Selatan, Orkneys Selatan, Shetlands Selatan, Bouvet, Prince Edward, Marion, Crozet, Kerguelen, Heard, Falklands, Chili, Argentina dan Semenanjung Antartika. Populasinya saat ini diperkirakan ada sekitar 9 juta pasang.

13. Penguin Magellanic
Foto Penguin Magellanic (Spheniscus magellanicus)
Memiliki nama latin Spheniscus magellanicus. Panjang tubuhnya sekitar 70 cm. Hidup di wilayah Chili, Argentina, dan Kepulauan Falkland. Populasinya saat ini sekitar 1,8 juta pasang.

14. Penguin Rockhopper
Foto Penguin Rockhopper
Terbagi dalam 3 subspesies yaitu :
  • Southern Rockhopper (Eudyptes chrysocome chrysocome)
  • Eastern Rockhopper (Eudyptes chrysocome filholi)
  • Northern Rockhopper (Eudyptes chrysocome moseleyi)
Panjang tubuh mereka sekitar 52 cm. Daerah penyebarannya meliputi :
  • Southern Rockhopper : Kepulauan Falkland, Argentina dan Chili.
  • Eastern Rockhopper: Marion, Prince Edward, Crozet, Kerguelen, Heard, MacDonald, Macquarie, Campbell, Antipodes dan Kepulauan Auckland.
  • Northern Rockhopper: Tristan de Cunha, Gough, St Paul dan Kepulauan Amsterdam.
Populasi mereka saat ini diperkirakan sekitar :
  • Southern: 650,000 pasang.
  • Eastern: 800,000 pasang.
  • Northern: 350,000 pasang.

15. Penguin Royal
Foto Penguin Royal (Eudyptes schlegeli)
Memiliki nama latin Eudyptes schlegeli. Panjang tubuhnya rata-rata sekitar 70 cm. Daerah penyebaran mereka adalah di antara Australia dan Antartika. Mereka adalah jenis penguin yang melakukan migrasi pada musim kawin. Diperkirakan populasi mereka total ada sekitar 850,000 pasang.

16. Penguin Snares
Foto Penguin Snares (Eudyptes robustus)
Memiliki nama latin Eudyptes robustus. Panjang tubuh mereka rata-rata sekitar 50 cm dengan berat badan sekitar 3 kg. Daerah penyebaran penguin jenis ini adalah di Kepulauan Snares, Selandia Baru. Jumlah mereka di dunia ini diperkirakan hanya ada sekitar 30 ribu pasang.

17. Penguin Mata Kuning 
Foto Penguin Mata Kuning
Memiliki nama latin Megadyptes antipodes. Panjang tubuhnya hanya sekitar 55 cm. Mereka hidup di Selandia Baru dengan populasi total saat ini sekitar 1,500 pasang.

Referensi : penguins
Share this article :

+ comments + 1 comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger