Mengenal Bangau Tongtong

Thursday, August 29, 20130 comments

Foto Bangau Tongtong
Bangau Tongtong memiliki nama latin Leptoptilos javanicus. Dikenal juga dengan nama Lesser Adjutant. Burung rawa berukuran besar ini termasuk dalam keluarga Ciconiidae. Ciri khas dari keluarga ini adalah memiliki leher dan kepala tanpa bulu.

Habitat bangau tongtong adalah daerah berair atau rawa. Mereka adalah jenis burung penyendiri (soliter) kecuali pada saat musim kawin. Penyebaran mereka terbilang sangat luas. Mereka sering ditemukan di sekitaran sungai besar dan danau di dalam wilayah hutan.

Daerah penyebaran bangau tongtong meliputi India bagian Timur Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Singapore, Indonesia dan Cambodia. Populasi paling banyak ditemukan di India, tepaynya di sebelah Timur Assam, Bengal Barat dan Bihar. Namun mereka sangat langka di wilayah India bagian Selatan.

Bangau Tongtong memiliki tinggi sekitar 110-120 cm, dengan berat badan sekitar 5 kg dan rentang sayap mencapai 210 cm. Meskipun demikian, mereka adalah spesies yang terkecil dalam genus Leptoptilos. Bagian atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut, kalung leher dan bagian bawah ekor berwarna putih. Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa.

Makanan bangau tongtong antara lain ikan, kodok, kadal, serangga besar, dan binatang invertebrata besar lainnya. Mereka memakan makhluk yang masih hidup, mereka sangat jarang sekali memakan bangkai. Mereka juga terkadang memangsa burung kecil dan hewan pengerat, terutama selama musim kawin.

Meskipun pada hari-hari biasa mereka senang hidup menyendiri, pada saat musim kawin mereka akan membentuk sebuah koloni. Musim kawin mereka terjadi sekitar bulan Februari hingga Mei di India Selatan, dan November hingga Januari di India bagian Utara.

Sarang burung bangau tongtong terbilang besar dengan diameter mencapai lebih dari satu meter dengan ketebalan mencapai 1 meter juga. Biasanya mereka akan bertelur sekitar 3 hingga 4 butir sebelum dierami. Mereka memang terkenal tenang, tetapi ketika berada di sarang mereka sering kali membuat suara-suara seperti mencicitkan paruhnya, mendesis atau mengerang.

Menurut data Red List IUCN, populasi bangau tongtong secara global berada pada status "Rentan (VU)".

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger