Mengenal Ayam Cemani, Ayam "Mistis" dari Jawa

Wednesday, September 18, 20130 comments

foto ayam cemani
Ayam cemani merupakan spesies ayam langka yang berasal dari Jawa, tepatnya daerah Jawa Tengah, ada yang bilang daerah Kedu. "Cemani" adalah kosa kata bahasa jawa untuk 'hitam mutlak'. So, seperti namanya, ayam cemani memang memiliki tubuh yang hitam mutlak.

Di Jawa, ayam cemani bisa dibilang sudah menjadi ayam yang sangat langka. Namun tahukah anda, jika ternyata saat ini di Belanda, Jerman, Slovakia, dan Republik Ceko, sudah ada peternak ayam cemani. Konon ayam asli Indonesia tersebut dibawa ke Eropa sekitar tahun 1998 oleh seorang peternak berkebangsaan Belanda yang bernama Jan Steverink. Namun ada juga yang berpendapat jika ayam cemani sudah ada di Eropa jauh sebelumnya dengan dibawa oleh orang-orang VOC.

Ayam cemani memiliki tubuh yang seluruhnya berwarna hitam. Tidak hanya bulunya yang hitam, bahkan paruh, kaki, lidah, jengger, kuku, daging, tulang, dan organ dalamnya juga berwarna gelap. Bahkan warna darahnya pun benar-benar gelap, meski tidak bisa disebut hitam. Tidak mengherankan jika ayam jenis ini diidentikkan dengan dunia perdukunan di Jawa.

Ayam cemani jantan memiliki berat sekitar 2 hingga 2,5 kg sedangkan yang betina beratnya sekitar 1,5 hingga 2 kg. Ayam ini menghasilakn telur rata-rata sekitar 45 butir per tahun. Ada yang bilang harga ayam cemani berkisar antara 28 hingga 40 juta rupiah. Keren nggak tuh???

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger