Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah

Tuesday, September 24, 20130 comments

Foto Burung Hantu Celepuk Rajah
Burung Hantu Celepuk Rajah memiliki nama latin Otus brookei. Memiliki berbagai nama di berbagai negara, tetapi lebih dikenal dengan nama Rajah Scops Owl di dunia internasional. Burung ini merupakan salah satu burung hantu endemik Indonesia.

Celepuk Rajah merupakan jenis burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 23 cm. Mereka memiliki sayap yang pendek dan bulat. Kebanyakan dari mereka memiliki bulu menjulang di kedua sisi kepala yang terlihat menyerupai daun telinga.  

Warna bulu Celepuk Rajah dominan cokelat dengan sentuhan warna putih pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian leher dan bulu bagian bawah. Bagian iris mata, paruh dan kakinya berwarna kuning/kekuning-kuningan.

Habitat burung celepuk rajah adalah di daerah hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.200 hingga 2.400 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk rajah hanyalah di Pulau Sumatera dan Kalimantan saja.

Makanan celepuk rajah yang utama adalah serangga, seperti ngengat. Namun sempat ditemukan pula ada yang memangsa katak.

Meskipun daerah penyebarannya hanya terbatas di beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Kalimantan, populasi celepuk rajah diperkirakan belum masuk dalam kategori mengkhawatirkan. Red List IUCN pun memasukkan spesies ini dalam kategori "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : planetofbirds.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger