Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu

Sunday, September 22, 20130 comments

Foto Burung Nuri Kalung Ungu
Burung Nuri Kalung Ungu memiliki nama latin Eos squamata. Dikenal di dunia internasional dengan nama Violet-necked Lory. Nama yang merujuk pada warna bulu di leher salah satu burung endemik Indonesia ini.

Burung Nuri Kalung Ungu dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 28 cm dengan bulu berwarna dominan merah dan ungu. Melingkar di bagian lehernya bulu berwarna ungu. Memiliki ekor yang panjang dan meruncing.

Terdapat 3 subspesies burung nuri kalung ungu yang memiliki daerah penyebaran yang berbeda, yaitu : riciniata (Maluku Utara, termasuk Kepulauan Widi), obiensis Rothschild (Obi dan kemungkina juga ada di Maluku Utara, squamata (Kepulauan di daerah Papua Barat dan Kepulauan Schildpad)

Habitat burung nuri kalung ungu adalah di hutan tropis dataran rendah yang lembab dan hutan bakau tropis. Mereka hidup bersama dalam sebuah kelompok besar. Mereka sering terlihat mengunjungi pohon-pohon yang tengah berbunga dan perkebunan kelapa di wilayah pesisir pantai. Mereka juga sering terlihat beterbangan diantara pulau-pulau.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri kalung ungu saat ini berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", dapat diperdagangakan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger