Mengenal Burung Nuri Sayap Hitam

Thursday, September 26, 20130 comments

Foto Burung Nuri Sayap Hitam
Nuri Sayap Hitam atau yang dikenal juga dengan nama Nuri merah-biak, memiliki nama latin Eos cyanogenia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Black-winged Lory. Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia.

Nuri Sayap Hitam merupakan jenis burung berukuran medium dengan panjang tubuh sekitar 30 cm. Memiliki bulu berwarna merah cerah dengan bagian punggung berwarna hitam, dan bercak ungu disekitar telinga. Iris matanya berwarna merah dan paruhnya berwarna merah kekuningan. Burung betina dan jantan memiliki penampilan yang nyaris serupa.

Habitat burung nuri sayap hitam hanyalah di daerah hutan di wilayah pesisir Pulau Biak dan pulau-pulau yang berada di Teluk Cenderawasih, Papua. Burung ini dikenal sering membuat sarang di perkebunan kelapa.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri sayap hitam saat ini berada pada status "Rentan (VU)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Terdapat beberapa faktor penyebab kelangkaan burung nuri sayap hitam. Diperkirakan beberapa penyebab utamanya adalah daerah penyebarannya yang terbatas, hilangnya habitat, serta penangkapan liar yang terus-terusan terjadi.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger