Mengenal Burung Nuri Tanimbar

Wednesday, September 25, 20130 comments

foto burung nuri tanimbar
Nuri Tanimbar, P. Babar Maluku © Douglas Janson
Burung Nuri Tanimbar memiliki nama latin Eos reticulata. Salah satu burung endemik Indonesia ini di dunia internasional dikenal dengan nama Blue-streaked Lory.

Nuri Tanimbar merupakan spesies burung berbadan medium dengan panjang tubuh sekitar 31 cm dengan bulu dominan berwarna merah cerah. Memiliki garis-garis berwarna biru cerah yang melintang dari bagian mata hingga bagian pundak.

Burung ini adalah spesies burung yang cerdas. Mereka adalah hewan piaraan yang menyenangkan. Mereka senang bermain dengan lonceng dan bola, serta sering terlihat melompat dan menepuk-nepukkan bulunya seolah sedang menari.

Habitat Burung Nuri Tanimbar adalah di daerah hutan pamah primer dan sekunder, hutan terbuka, serta hutan mangrove. Mereka diketahui senang mengunjungi daerah perkebunan kelapa dan sagu. Makanan utama burung nuri tanimbar adalah Nektar dan Buah.

Daerah penyebaran burung nuri tanimbar terbatas di wilayah Babar dan Kepulauan Tanimbar (termasuk Yamadena dan Larat), dan Nusa Tenggara Timur. Kemungkinan besar, burung nuri tanimbar sudah tidak dapat ditemukan lagi di Kepulauan Kai.

Menurut data Red List IUCn, populasi burung nuri tanimbar di alam liar berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", sehingga masih dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : wikipedia dan kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger