Mengenal Burung Perkici Iris

Monday, September 30, 20130 comments

Foto burung perkici iris (Psitteuteles iris)
Burung Perkici Iris memiliki nama latin Psitteuteles iris. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Iris Lorikeet. Burung ini adalah salah satu spesies burung paruh bengkok endemik Indonesia.

Perkici Iris memiliki ukuran tubuh yang kecil. Panjang perkici iris yang sudah dewasa hanya sekitar 20 cm. Burung jantan memiliki jidat berwarna merah, tengkuk kuning, sekitar mata berwarna ungu, dan sebagian bulu di kepalanya berwarna kuning. Betinanya memiliki penampilan yang hampir serupa dengan pipi berwarna hijau kekuningan.

Habitat dan daerah penyebaran burung perkici iris adalah di daerah hutan dan daerah banyak pohon di Pulau Wetar dan Timor, di Nusa Tenggara Timur. Mereka hidup di wilayah dengan ketinggian mencapai 1.500 m di atas permukaan laut. Mereka cenderung hidup dalam sebuah kelompok kecil.

Terdapat 2 atau 3 subspesies burung perkici iris yang sudah diketahui, yaitu : T.i iris (hidup di Pulau Timor bagian barat), T.i. wetterensis (hidup di Pulau Wetar ), dan T.i. rubripileum (hidup di Timor Timur).

Akibat dari hilangnya habitat, daerah penyebaran yang terbatas dan penangkapan liar untuk dijadikan burung peliharaan, Red List IUCN memasukkan populasi burung perkici iris dalam status "Hampir Terancam (NT)".

Sementara status perdagangan internasional burung perkici iris adalah CITIES "Appendix II". Sehingga masih dapat diperdagangkan tetapi dengan mengikuti peraturan tertentu yang berlaku.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger