Kenapa Burung Suka Berkicau???

Wednesday, October 9, 20130 comments

Kenapa Burung Suka Berkicau???
Untuk apa sih burung berkicau??? Dan kenapa kicauannya berbeda-beda??? Mungkin sebagian dari kita pernah terbesit pertanyaan seperti ini. Nah, maka dari itu, burungue kali ini akan mencoba mengulas masalah simple tetapi penuh misteri ini. 

Seekor burung berkicau sebenarnya adalah sebuah insting binatang untuk menunjukkan keberadaannya, menarik pasangan, bereaksi terhadap predator, ataupun untuk menunjukkan wilayah teritorialnya. Secara sederhananya kicauan burung bisa disebut sebagai ungkapan "Datanglah kesini!" atau "Menjauhlah dari sini!!!". Rata-rata seekor burung akan bernyanyi sebatas untuk menarik perhatian si betinanya.

Lalu, kenapa kicauan burung bunyinya berbeda-beda??? 
Secara sederhananya suara kicauan burung itu terbentuk oleh lingkungannya, seperti halnya penyanyi dangdut yang khas dengan 'cengkok' nya karena dangdut memang khasnya seperti itu atau penyanyi Rock yang khas dengan suara seraknya.

Lalu, bagaimana seekor burung bisa mengeluarkan kicauan tanpa henti atau mengeluarkan kicauan yang bernada rumit???
Suara kicauan burung berasal dari sebuah organ suara yang disebut Syrinx. Organ ini fngsinya mirip dengan kotak suara pada manusia. Namun, berbeda dengan kotak suara manusia yang terletak di atas trakea, letak Syrinx berada di bawah trakea, di persimpangan dua saluran udara yang mengarah langsung ke bagian paru-paru. Dengan demikian syrinx memiliki dua sumber suara potensial. Otot-otot kontrol yang detail dari syrinx memproduksi kicauan; sementara burung dengan system otot vokal yang lebih rumit menghasilkan kicauan-kicauan yang lebih kompleks.

Pertanyaan berikutnya adalah, kenapa kebanyakan burung berkicau pada saat fajar???
Belum diketahui pasti apa alasannya, tetapi diperkirakan hal itu terjadi karena waktu fajar dengan sedikit angin berhembus, dan nuansa yang masih cukup tenang merupakan saat yang paling baik untuk berkicau. Alasan lainnya diperkirakan untuk memberitahukan kepada para betina kalau tenaga mereka masih fit untuk kawin, meski semalaman tidak makan ataupun beraktifitas.

Referensi : agrobur.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger