Mengapa Burung Beo Bisa Menirukan Kata-Kata Manusia???

Tuesday, October 8, 20130 comments

Mengapa Burung Beo Bisa Menirukan Kata-Kata Manusia?
Mengapa burung beo bisa menirukan kata-kata manusia? Bukankah beo tidak punya bibir? Hmm, mungkin pertanyaan tersebut pernah terbesit dibenak pembaca sekalian. Nah, berikut ini burungue akan menjelaskan kronologisnya.

Burung beo bisa melafalkan kosakata manusia karena mereka mampu menggerakkan lidah mereka. Selama ini diyakini bahwa burung meghasilkan suara hanya dari Larynx dan Syrinx tanpa menggerakkan lidah mereka. Namun, lain halnya dengan spesies burung beo. Burung ini mampu menggerakkan lidahnya kedepan dan ke belakang untuk membantu membentuk kata per kata.

Pergerakan lidah burung beo ini ternyata memang sangat berpengaruh dalam kemampuannya menirukan kosakata manusia. Beda satu milimeter pergerakan saja, sudah mempengaruhi kualitas suara yang begitu besar yang dihasilkan.

Kesimpulan ini diambil setelah beberapa peneliti dari Universitas Leiden, Belanda, melakukan penelitian dengan cara mengganti larynx burung beo dengan speaker yang sangat kecil. Gabriel Beckers, yang memimpim penelitian tersebut, menyimpulkan bahwa kemampuan burung Beo memainkan lidahnya membuat burung ini bisa menirukan kata-kata manusia.

Referensi : apakabardunia.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger