Mengenal Burung Kring-kring Dada Kuning

Tuesday, October 8, 20130 comments

Gambar Burung Kring-kring Dada Kuning
Kringkring Dada-kuning, Sulawesi Utara © Rob Hutchinson
Burung Kring-kring Dada Kuning atau ili-ili atau di Minahasa dikenal dengan nama Kelit-kelit, memiliki nama latin Prioniturus flavicans. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Yellow-breasted Racket-tail.

Kring-kring dada kuning dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 37 cm dengan bulu dominan berwarna hijau, dengan bagian dada berwarna kuning. Memiliki mahkota berwarna biru dengan bercak merah di tengahnya, penutup ekor berwarna hijau kekuningan, dan leher berwarna kuning. Untuk yang betina, tidka memiliki bercak merah pada mahkotanya, sementara yang masih remaja memiliki kepala yang berwarna hijau dan bagian tengah bulu ekor utamanya berbentuk runcing.

Habitat burung kring-kring dada kuning adalah di wilayah hutan primer serta perkebunan di sekitar hutan dengan ketinggian hingga 100 m di atas permukaan laut.

Burung ini adalah salah satu burung endemik Indonesia. Daerah penyebaran burung kring-kring dada kuning antara lain di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah bagian Utara, Bangka, Lembeh dan Keulauan Togian.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung kring-kring dada kuning berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II". Sehingga masih dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger