Mengenal Burung Tuwur Sulawesi

Tuesday, October 22, 20130 comments

Foto burung tuwur sulawesi
Tuwur Sulawesi betina, Toraut, TN Bogani Nani Wartabone, Sulawesi Utara © Marc Thibault
Burung Tuwur Sulawesi memiliki nama latin Eudynamys melanorhyncha. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Black-billed Koel. Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia asal Sulawesi.

Tuwur Sulawesi dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 36 – 44 cm dengan ekor panjang membulat, paruh berwarna hitam, dan mata berwarna merah. Tuwur Sulawesi jantan memiki bulu hitam metalik keunguan di seluruh tubuhnya. Sementara si betina bisa seluruhnya hitam atau bergaris-garis palang dengan coretan-malar berwarna putih pucat.

Habitat burung tuwur Sulawesi adalah wilayah hutan primer, hutan sekunder, tepian hutan, hutan di pinggir sungai, serta daerah dengan sedikit pohon di dataran rendah dengan ketinggian hingga 1.590 m di atas permukaan laut.

Terdapat 2 subspesies dari burung tuwur sulawesi yaitu : melanorhyncha (hidup di wilayah Sulawesi), dan facialis (hidup di Pulau Sula). Secara keseluruhan, daerah penyebaran burung tuwur sulawesi adalah di Sulawesi, Talisei, Bangka, Lembeh, Manterawu, Kep. Togean, Muna, Kep. Banggai (Peleng), dan Kep. Sula (Taliabu, Seho, Mangole).

Menurut data Red List IUCN, populasi burung tuwur sulawesi berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger