Mengenal Burung Bubut Goliath

Sunday, November 17, 20130 comments

Foto Burung Bubut Goliath
Foto Burung Bubut Goliath © Hanom Bashari
Burung Bubut Goliath memiliki nama latin Centropus goliath. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Goliath Coucal. Burung ini merupakan salah satu spesies burung endemik Indonesia yang hidup di wilayah Maluku.

Bubut Goliath memiliki ukuran tubuh yang besar. Panjang tubuh dewasanya mencapai 67 cm dengan bulu dominan berwarna hitam, dengan sedikit warna putih di bagian sayapnya, serta memiliki bulu ekor yang panjang.

Burung bubut goliath muda memiliki penampakan yang beragam. Ada yang memiliki warna bulu cokelat dengan leher bagian belakang bercoret putih dan tubuh bagian bawah berpalang. Ada juga yang penampilannya menyerupai burung dewasa tetapi bagian kepalanya berwarna putih-krem.

Habitat burung bubut goliath adalah di tepi hutan primer dan sekunder; hutan tebang pilih, dan tepian hutan dengan ketinggian mencapai 450 mdpl. Daerah penyebaran burung bubut goliath hanyalah di wilayah Maluku Utara yang meliputi Ternate, Tidore, Morotai, Halmahera, Bacan, Obi, dan Kasiruta.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung bubut goliath berada pada status "Resiko Rendah (LC)", dengan status perdagangan internasional yang masih belum jelas.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger