Burung Red-neck Phalarope selalu terbang lintas benua setiap tahunnya

Monday, January 13, 20140 comments

Burung Red-neck Phalarope
Burung Red-neck Phalarope memiliki nama latin Phalaropus Lobatus. Burung ini merupakan salah satu jenis burung langka asal Inggris yang memiliki siklus migrasi tahunan. Berat tubuhnya tidak lebih dari sebungkus keripik kentang, tetapi siapa sangka burung ini telah memecahkan rekor sebagai burung yang mampu terbang paling jauh.

Untuk membuktikannya, para peneliti memasang perangkat pendeteksi pada burung ini untuk melacak rute terbangnya. Hasilnya, diketahui bahwa Red-neck Phalarope mampu terbang dari Shetland hingga Peru dan menempuh jarak hingga 16.000 mil atau sekitar 25.749 km.

Dengan kata lain burung ini mampu terbang lintas benua setiap tahunnya. Terbang dari Kepulauan Shetland yang posisinya di bagian barat Benua Eropa menuju Peru yang posisinya berada di bagian selatan Benua Amerika. 

Rute terbang yang dilalui oleh burung ini adalah menyeberangi perairan Atlantis Utara melalui Islandia dan Greenland, menyusuri daerah pantai timur Amerika Serikat menuju Meksiko, lalu Kuba, lalu menyebrangi Perairan Karibia hingga akhirnya tiba di Peru dan pulang kembali ke Shetland dengan selamat.

Sayangnya, burung yang memiliki kemampuan terbang luar biasa ini saat ini jumlahnya sudah tidak banyak lagi di alam liar, dan termasuk salah satu burung langka. Di Inggris saja yang notabene merupakan habitat aslinya hanya ditemukan sekitar 15 buah sarang burung Red-neck Phalarope yang tersebar di seluruh wilayah Inggris.

Referensi : techno.okezone.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger