Mengenal Elang Alap Sulawesi

Monday, May 20, 20130 comments

Mengenal Elang-Alap Sulawesi
Elang Alap Sulawesi memiliki nama latin Accipiter griseiceps. Dalam bahasa Inggris Elang-alap Jawa dikenal dengan nama Sparrow-hawks atau Goshawks. Mereka adalah burung endemik Pulau Sulawesi.

Panjang tubuh Elang-alap Sulawesi sekitar 33 - 38 cm. Burung Elang-alap sulawesi betina cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebh besar dibandingkan yang jantan. bahkan bisa mencapai 2 kali lebih besar dari si jantan.

Burung Elang-alap Sulawesi memiliki sayap yang pendek dan bulat, serta ekor yang lumayan panjang. Jika kebanyakan burung raptor memiliki kaki yang ramping dan panjang, serta cakar tengah yang lebih panjang dari cakar yang lain, Elang alap sulawesi justru memiliki kaki yang lebih besar, dengan cakar yang lebih pendek dan ramping serta cakar tengah yang tidak terlalu panjang.

Burung Elang-alap Sulawesi dapat terbang di rerimbunan hutan dengan baik. Mereka akan bersembunyi dan mengawasi mangsanya dari atas pohon lalu menerkam dengan cepat dan tepat. Mangsa elang-alap sulawesi antara lain tupai, kadal, katak, ular, serangga, dan juga siput.

Habitat Elang-alap Sulawesi adalah hutan dataran rendah, perbukitan, hutan pegunungan, hutan mangrove, dan bahkan juga sering terlihat di sekitar perkampungan penduduk. Biasanya mereka akan terbang sendirian, sangat jarang terbang secara berpasangan. Daerah penyebaran Elang-alap Sulawesi adalah seluruh Pulau Sulawesi.

Untuk masalah reproduksinya, masih belum diketahui data secara pasti. Namun sarang mereka dapat ditemukan di atas pohon yang tidak terlalu tinggi di hutan pegunungan. Saat ini populasi Elang-alap Sulawesi berada dalam status "Beresiko Rendah (LC)".

Referensi : planetofbirds.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger