Informasi Tentang Burung Gosong Biak

Sunday, May 19, 20130 comments

Informasi Tentang Burung Gosong Biak
Burung Gosong Biak memiliki nama latin Megapodius geelvinkianus. Burung ini termasuk burung berukuran sedang dengan panjang tubuh ketika dewasa sekitar 36 cm. Burung ini adalah satu-satunya spesies burung gosong yang dapat ditemui di Pulau Biak

Burung Gosong Biak memiliki bulu yang berwarna coklat atau abu-abu gelap, serta memiliki jengger yang berukuran pendek. Kulit kepala tanpa bulu berwarna kemerahan atau kebiruan. Burung ini juga memiliki kaki yang berwarna merah atau kelabu gelap.

Dulunya burung gosong biak masuk dalam sub-spesies Megapodius freycinet, tetapi sekarang burung ini menjadi spesies sendiri berdasarkan perbedaan morfologi antara keduanya mengikuti Jones et al.

Habitat burung gosong biak diduga adalah hutan sekunder tua tebang-pilih, hutan primer, semak dekat sungai, dan belukar kering. Sebenarnya masih belum diketahui pasti mengenai habitat, perilaku, cara berkembangbiak, atau jenis makanan mereka. Namun diperkirakan mereka masih sama dnegan spesies burung gosong lain.

Penyebaran Burung Gosong Biak adalah di Pulau Biak-Supiori, Teluk Cendrawasih, Papua Barat dan juga beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau Numfor, Mios Korwar, Manim dan Mios Num.

Saat ini status populasi burung gosong biak menurut Red List IUCN adalah "Rentan".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger