Informasi Tentang Burung Gosong Tanimbar

Sunday, May 19, 20130 comments

Informasi Tentang Burung Gosong Tanimbar
Burung Gosong Tanimbar memiliki nama latin Megapodius tenimberensis. Burung ini merupakan satwa endemik Pulau Tanimbar, Maluku Tenggara Barat. Sebelumnya, burung ini dianggap sebagai subspesies dari burung gosong Kaki-Orange, Megapodius Reinwardt. Namun berdasarkan penelitian taksonomis Jones et al pada tahun 1995, burung ini pun menjadi spesies tersendiri.

Burung Gosong Tanimbar merupakan burung terestrial (banyak menghabiskan waktunya di permukaan tanah). Ukuran tubuh burung gosong tanimbar seukuran dengan ayam kampung dengan tinggi sekitar 30 cm..

Habitat Burung Gosong Tanimbar adalah hutan dan semak di dataran rendah. Makanan utama mereka dalah biji-bijian, buah, dan invertebrata darat. Mereka membuat sarang dengan membuat gundukan yang terdiri dari pasir, rontokan daun, dan beberapa materi lain yang memungkinkan sarang tersebut mengalami proses dekomposisi materi organik dan menghasilkan panas yang cukup untuk menetaskan telur mereka.

Populasi Burung Gosong Tanimbar masih terbilang lumayan tidak mengkhawatirkan. Menurut Red List IUCN spesies burung ini berada dalam status Hampir Terancam (NT).

Referensi : malukueyes.com dan lovingthebird.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger