Informasi Tentang Burung Gosong Maluku

Sunday, May 19, 20130 comments

Foto Burung Gosong maluku
Burung Gosong Maluku memiliki nama latin Eulipoa wallacei. Burung ini merupakan satu-satunya spesies dari genus tunggal Eulipoa. Burung Gosong Maluku merupakan jenis burung gosong berukuran kecil. Panjangnya hanya sekitar 31 cm.

Burung Gosong maluku memiliki bulu yang berwarna cokelat zaitun, dengan kulit sekitar wajah yang berwarna pink. Lebih detilnya silahkan lihat saja pada gambar di atas.

Habitat Burung Gosong Maluku adalah di hutan pegunungan dan hutan perbukitan di Pulau Misool di Papua Barat dan Kepulauan Maluku. Sama seperti burung maleo, burung gosong maluku juga bersarang di daerah pasir pantai, pasir gunung berapi, atau daerah terbuka yang hangat karena panas bumi lainnya.

Burung Gosong Maluku merupakan satu-satunya spesies burung gosong yang bertelur dimalam hari. Mereka akan melatakkan telur-telur mereka di dalam pasir yang hangat dan menguburnya agar menetas dengan sendirinya.

Saat ini status populasi burung gosong maluku adalah "Rentan". Beberapa penyebabnya antara lain habitat hutan yang terus menyempit, dan upaya perlindungan mereka yang susah karena kondisi keamanan di maluku yang tidak stabil.

Referensi : wikipedia dan kutilang.or-id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger