Informasi Tentang Burung Kareo Talaud

Tuesday, May 28, 20130 comments

Informasi Tentang Burung Kareo Talaud
Burung Kareo Talaud memiliki nama latin Amaurornis magnirostris. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Talaud Bush-hen. Burung ini adalah spesies burung air yang dapat ditemukan di Pulau Karakelang, Kepulauan Talaud, Indonesia.

Habitat burung kareo talaud adalah daerah hutan, semak, dan rerimbunan. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 30,5 cm, berbulu sangat gelap, dan berbadan kuat. Memiliki kepala yang besar dengan bagian atas yang berwarna cokelat gelap. Bagian bawah dan panggul berwarna abu-abu kebiruan yang sangat gelap.

Populasi burung kareo talaud diperkirakan ada sekitar 2.350 - 9.560 ekor di Karakelang. Diperkirakan burung ini juga dapat ditemukan di Pulau-Pulau lain disekitar pulau tersebut.

Terdapat 2 area perlindungan untuk burung ini dengan luas totalnya sekitar 21.800 hektar. Namun area tersebut tidak dikelola dengan baik, dan terancam menipis karena perluasan lahan pertanian, penebangan liar, dan kebakaran hutan.

Populasi burung kareo talaud juga terancam oleh penangkapan yang dilakukan oleh manusia untuk dimakan. Sehingga saat ini burung kareo talaud berada pada status "Rentan (VU)" berdasarkan IUCN Red List.

Referensi : wikipedia dan lovingthebird.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger