5 Burung Paling Cerdas di Dunia

Sunday, June 9, 20130 comments

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis burung memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata yang memungkinkan manusia untuk melatih mereka melakukan beberapa trik yang tidak bisa dilakukan oleh burung-burung biasa. Nah berikut ini adalah 5 jenis burung yang dianggap paling cerdas di dunia :

1. Homing Pigeon
Foto Homing Pigeon
Homing Pigeon merupakan jenis burung merpati domestik yang mempunyai kemampuan untuk menemukan jalan pulang ke rumahnya sendiri. Merpati jenis ini mempunyai kemampuan alami untuk memetakan rute perjalanan menuju sarangnya.
Kemampuan luar biasanya ini sudah lama digunakan oleh manusia, terutama tentara. Menurut catatan, burung ini digunakan untuk mengirimkan surat selama Perang Dunia I dan II.

2. African Grey Parrot (Kakatua Abu-abu Afrika)
Foto African Grey Parrot (Kakatua Abu-abu Afrika)
Kecerdasan burung jenis ini tampak dari kemampuannya menirukan ucapan manusia. Beberapa Kakatua Abu-abu Afrika mengenali dan meniru kata-kata. Bahkan beberapa diantara mereka juga ada yang bisa berbicara kalimat pendek, dan bernyanyi. Kakatua abu-abu yang masih muda biasanya memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan kakatua lainnya.
Namun karena mereka sangat cerdas, mereka begitu mudah merasa bosan. Dan jika mereka sudah merasa bosan, biasanya mereka akan melakukan hal-hal yang mengganggu, seperti berteriak-teriak, atau menggigit-gigit sesuatu.

3. Gagak dan Raven
Foto burung gagak
Menurut ilmu pengetahun, Raven memiliki tubuh yang lebih besar dari pada gagak. Raven memiliki tinggi sekitar 2 kaki, sedangkan gagak hanya 1,5 kaki. Namun kedua burung gagak ini sama-sama sangat cerdas. Menurut Dr. Kevin J. McGowan, ahli ornithology dari Cornell University, burung gagak memiliki kemampuan untuk menggunakan alat dalam mencari makan. Burung gagak juga menyimpan makanan untuk persediaan. Mereka juga memiliki daya ingat yang tajam, sehingga dapat menemukan kembali tempat-tempat yang sebelumnya pernah mereka temukan ada makanan.

4. Turkey Vulture
Foto Turkey Vulture
Burung jenis ini merupakan burung pemulung yang hidup di  Amerika Utara. Makanan utama mereka tentu saja bangkai. Burung besar ini memiliki penglihatan dan penciuman yang sangat tajam yang digunakannya untuk mencari makanan. Mereka memiliki bagian otak yang bertugas menganalisa bau yang jauh lebih besar dibandingkan dengan spesies burung lainnya.

5. Falcons and Hawks (Elang)
burung elang
Mereka adalah burung pemburu yang sudah lama dimanfaatkan oleh manusia. Menurut sejarah, manusia sudah lama menangkap burung elang, melatihnya, dan menggunakannya untuk berburu hewan kecil seperti kelinci, tupai, dan juga burung. Dan saat ini, burung elang sering digunakan untuk atraksi 'terbang dan hinggap' di tangan pelatihnya.

Referensi : ehow
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger