10 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang

Sunday, June 9, 20130 comments

Burung memang identik dengan terbang. Namun tahukah anda bahwa di dunia ini ada beberapa jenis burung yang terlahir tidak bisa terbang??? Nah, berikut ini ada 10 jenis burung yang tidak bisa terbang di dunia :

1. Penguin
Foto penguin lucu
Burung yang hidup di kutub selatan ini memang tidak bisa terbang, tetapi mereka merupakan perenang yang handal. Sayap mereka yang kecil tidak memungkinkan untuk mengangkat tubuh mereka melayang di angkasa, sehingga beralih fungsi menjadi sirip dan digunakan untuk berenang.

2. Burung Unta
Foto burung unta
Burung asal Afrika yang dikenal sebagai burung terbesar di dunia ini juga tidak bisa terbang. Namun dengan kakinya yang kuat dan super panjang, mereka dapat berlari dengan sangat cepat. Bahkan bisa mencapai 70 km/jam.

3. Burung Kasuari
foto burung kasuari
Burung yang aslinya berasal dari hutan topis New Guimea ini dikenal sebagai salah satu burung paling ganas di dunia. Mereka terkenal mudah menyerang dan serangannya sangat berbahaya. Meski mereka tidak bisa terbang, jangan coba-coba mengganggu mereka, atau anda akan kena tackling mematikan hingga tulang-tulang anda patah.

4. Burung Kiwi
Foto Burung Kiwi
Burung endemik Selandia Baru ini adalah burung yang tidak bisa terbang berikutnya. Sayangnya, burung kecil yang menjadi simbol dari Selandia Baru ini terancam punah keberadaannya. Akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan kalau kucing adalah salah satu penyebab utama kelangkaan populasi burung Kiwi di Selandia Baru.

5. Burung Kakapo
Foto burung kakapo
Memang burung ini adalah spesies Nuri, tetapi mereka tidak bisa terbang. Mereka justru dikenal sebagai burung nuri besar, yang aktif di malam hari, dan tidak bisa terbang. Burung ini termasuk burung yang cerdas, sehingga tidak mengherankan jika burung ini sering ditemukan sebagai binatang peliharaan.

6. Burung Rhea
Foto Burung Rhea
Burung asli Amerika Selatan ini memiliki penampilan yang menyerupai burung Unta, tetapi mereka bukan burung unta. Ada dua spesies burung Rhea yaitu Greater Rhea atau Amerian Rhea yang hidup di padang rumput dan area terbuka dekat dengan perairan dan Lesser Rhea atau Darwin's Rhea yang hidup di daerah semak, padang rumput, dan bahkan gurun. Keduanya merupakan spesies burung yang tidak bisa terbang.

7. Burung Emu
Foto Burung Emu
Burung ini merupakan burung terbesar yang hidup di Benua Australia. Mereka adalah tertinggi di dunia nomer dua setelah burung Unta. Burung besar yang dikenal bisa berenang ini, merupakan burung yang memiliki rasa penasaran tinggi. Tak jarang mereka akan mengikuti sesuatu yang menurut mereka menarik.

8. Burung Takahe
Foto Burung Takahe
Burung yang dikenal juga dengan nama Takahe Pulau Selatan ini merupakan burung asal Selandia Baru juga. Mereka sempat dikatakan sudah punah pada tahun 1898. Namun pada tahun 1948 mereka berhasil ditemukan lagi di Danau Te Anau, Pegunungan Muchison oleh Geoffrey Orbell

9.  Burung Galapagos Cormorant 
Foto Burung Galapagos Cormorant
Merupakan burung endemik Galapagos. Mereka adalah satu-satunya spesies Cormorant yang kehilangan kemampuan terbangnya. Mereka memiliki selaput di kaki mereka yang membantu mereka dalam berenang dan mencari makan di laut. Mereka juga termasuk salah satu burung yang langka.

10. Burung Tasmanian Nativehen
Foto Burung Tasmanian Nativehen
Burung ini adalah burung endemik Pulau Tasmania, Australia. Penampilan mereka terlihat mirip ayam kampung bukan??? Dan sepertinya mereka memang dimanfaatkan oleh petani di Tasmania.

Referensi : tahupedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger