Burung Kolibri lebah (Bee Hummingbird), Burung Terkecil Di Dunia

Sunday, June 9, 20130 comments

Foto Burung Kolibri lebah (Bee Hummingbird), Burung Terkecil Di Dunia
Bee Hummingbird atau Zunzuncito atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama burung kolibri lebah, memiliki nama latin Mellisuga helenae. Burung ini adalah burung endemik hutan padatdan tepiannya di Pulau Utama Kuba dan Isla de la Juventud. Burung ini dikenal sebagai spesies burung terkecil di dunia (terutama yang jantan) dengan panjang sekitar 5 - 6 cm dan berat sekitar 1,6 hingga 2 gram.

Sebagai burung terkecil di dunia, bee hummingbird sekilas akan tampak seperti serangga besar yang terbang di sekitaran tumbuhan. Dan seperti namanya, burung jenis ini memiliki ukuran tubuh yang nyaris tidak lebih besar dari lebah. 

Meskipun ukurannya sangat kecil, burung kolibri lebah termasuk penerbang yang tangguh dan cepat. Mereka dapat mengepakkan sayapnya hingga 80 kali per detik. Begitu cepatnya hingga sayapnya nyaris tidak terlihat oleh mata manusia. Dalam sudut pandang yang tepat, bulu burung ini akan terlihat berkilau, sehingga membuatnya tampak seperti sebuah berlian kecil yang melayang.

Makanan utama burung kolibri lebah adalah sari madu. Terkadang mereka juga makan serangga dan laba-laba. Bentuk tubuhnya yang lonjong memudahkannya dalam mencari madu di relung-relung bunga. Ditambah lagi lidahnya mampu bergerak cepat keluar masuk mulutnya untuk menangkap makanan.

Dalam satu hari, burung kolibri lebah dapat mengunjungi sekitar 1500 tagnkai bunga. Sehingga selain mereka mendapatkan makanan, mereka juga berperan penting dalam menyebarkan serbuk sari sebagai media pembuahan.

Burung kolibri lebah betina menggunakan jaring laba-laba, lumut, dan kulit kayu untuk membangun sarang. Karena ukuran tubuh burung ini sangat kecil, sarangnya pun sangat kecil. Diameternya hanya sekitar 2,5 cm. Di sarangnya mungilnya ini, burung kolibri lebah akan meletakkan telurnya yang sebesar kacang polong dan mengeraminya hingga menetas.
Referensi :wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger