Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia

Sunday, June 9, 20131comments

Foto Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia
Burung Unta atau Ostrich merupakan spesies burung yang tidak bisa terbang yang berukuran super besar. Bahkan, burung yang hidup di daerah padang rumput dan daerah gurun di Afrika ini dinobatkan sebagai Burung Paling Besar di Dunia yang saat ini masih hidup.

Burung unta memang tidak bisa terbang, tetapi mereka adalah pelari yang luar biasa tangguh. Mereka dapat lari hingga kecepatan 70 km/jam dan mampu berlari hingga sejauh 50 km dalam satu jam. Mereka akan menggunakan sayapnya untuk membantu dalam berbelok ketika berlari. 

Dalam sekali melangkah saat berlari, kaki-kaki panjang burung unta dapat meng-cover 3 hingga 5 m. Selain mampu berlari dengan cepat, kakinya ini juga merupakan senjata yang kuat. Setiap kaki memiliki dua buah jari yang ujungnya dihiasi cakar kuat dan tajam serta panjang, yang mampu membunuh manusia, bahkan singa, jika ditendangkan.

Makanan burung unta adalah tumbuh-tumbuhan, akar, dan biji-bijian. Namun terkadang mereka juga makan serangga, kadal, dan berbagai binatang kecil lainnya yang ada di sekitarnya.

Burung Unta hidup dalam sebuah kelompok kecil yang biasanya beranggotakan tidak lebih dari 12 ekor. Pejantan utama atau pejantan Alpha menjadi pelindung kelompok, dan kawin dengan betina dominan. Namun terkadang si jantan alpha ini juga kawin dengan betina lain di dalam kelompoknya atau bahkan kawin dengan betina yang tidak kelasnya lebih rendah.

Semua betina dalam satu grup akan menaruh telur-telur mereka di sarang betina dominan. Kemudian betina yang dominan dan pejantannya akan mengerami telur-telur besar yang satu butirnya setara dengan 2 lusin telur ayam.

Berbeda dengan kepercayaan umum yang sudah lama berkembang di khalayak ramai, burung unta sebenarnya tidaklah menyembunyikan kepala mereka ke dalam pasir jika takut. Sebenarnya mereka hanya merunduk dan merendahkan leher panjang mereka ke tanah untuk berkamuflase. Hanya saja jika dilihat dari kejauhan, mereka memang terlihat seperti mengubur kepala mereka.
Referensi : national geographic
Share this article :

+ comments + 1 comments

October 17, 2015 at 7:26 AM

burung unta bisa berlari lebih cepat dari kuda dan burung unta jantan bisa mengaum seperti singa
Inzanami

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger