Informasi Tentang Burung Punai Flores

Sunday, June 2, 20130 comments

Burung Punai Flores (Treron floris)
Burung Punai Flores memiliki nama latin Treron floris . Spesies burung yang termasuk kedalam keluarga Columbidae ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Flores Green-pigeon, karena warna bulunya yang hijau dan hanya ditemukan di Flores dan sekitarnya.

Burung punai flores termasuk jenis burung berukuran medium, dengan panjang tubuh sekitar 29 cm. Burung ini memiliki bulu dominan berwarna hijau muda, hitam keabu-abuan di bagian sayap, dan bulu berwarna kekuningan di bagian bawah tubuh.

Burung punai flores jantan memiliki wajah abu-abu pucat dengan bagian jidat berwarna keputihan, serta bagian iris dan kaki berwarna merah. Sementara betinanya memiliki penampilan yang serupa dengan jantan, hanya saja bagian punggungnya berwarna hijau polos. .

Burung punai flores cenderung pendiam. Beberapa suara yang keluar dari mulut mereka yang terdengar lemah, kemungkinan berhubungan dengan kebiasaan mereka saat musim kawin.

Habitat burung punai flores antara lain hutan primer dan sekunder, hutan pesisir, serta perkebunan penduduk yang berlokasi pada permukaan tanah yang berketinggian hingga 1000 m di atas permukaan laut (di daerah Flores), 600 mdpl (di daerah Lombok), dan 550 mdpl.(di daerah Sumbawa).

Daerah penyebaran burung punai flores adalah Pulau Flores dan sekitarnya meliputi Pulau Lombok, Alor, Sumbawa, Besar, Lomblen, Solor, dan Pantar. Kemungkinan burung ini juga dapat ditemukan di pulau-pulau lain disekitaran daerah tersebut.

Menurut Red List IUCN, populasi burung punai flores saat ini berada dalam status "Rentan (VU).

Referensi : birdlife.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger