Informasi Tentang Burung Punai Sumba

Sunday, June 2, 20130 comments

Foto Burung Punai Sumba
Burung Punai Sumba memiliki nama latin  Treron teysmannii. Burung yang masih termasuk ke dalam keluarga Columbidae ini memiliki nama internasional Sumba Green-pigeon.

Burung Punai Sumba memiliki panjang tubuh sekitar 29 cm. Pada bagian dahi dan muka berwanra hijau kekuningan. Punai Sumba jantan memiliki punggung bagian bawah yang berwarna merah-manggis, sedangkan yang betina punggungnya berwarna hijau, serta bagian sayap berwarna lebih pucat.

Habitat burung punai sumba adalah daerah hutan primer, serta hutan sekunder yang tinggi yang terdapat di Pulau Sumba, NTT dengan ketinggian mencapai 800 m di atas permukaan air laut.

Pada tahun 1995 diperkirakan jumlah burung ini di alam liar sekitar 14.000 ekor. Namun populasinya semakin menurun akibat dari daerah penyebaran yang terbatas, serta banyaklah hutan yang beralih fungsi menjadi lahan produktif.

Populasi burung punai Sumba kini berada dalam status "Hampir Terancam (NT)" menurut Red List IUCN. Namun jika tidak ada upaya dari pemerintah dan juga masyarakat untuk menjaga kelestarian mereka, kemungkinan besar statusnya akan semakin memburuk.

Referensi : tnmanupeu.blogspot.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger