Informasi Tentang Burung Walik kepala-ungu

Sunday, June 2, 20130 comments

Foto Burung Walik kepala-ungu
Burung Walik kepala-ungu memiliki nama latin Ptilinopus porphyreus. Burung yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Pink-headed Fruit Dove ini juga memiliki nama lain seperti Walik Temnick atau Walik Leher-ungu.

Burung walik kepala ungu merupakan jenis burung berukuran cukup besar. Panjangnya bisa mencapai sekitar 29 cm. Ciri khas dari burung yang masih merupakan keluarga merpati ini adalah bagian leher dan kepalanya yang berwarna pink atau ungu. Seperti yang tampak pada gambar.

Yang perlu anda catat adalah, burung walik kepala ungu yang betina bagian wajahnya berwarna pink buram dengan garis dada yang tidak begitu jelas.

Burung walik kepala-ungu merupakan burung endemik Indonesia. Mereka hanya dapat ditemui di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Habitat mereka adalah daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 2.200 m di atas permukaan air laut.

Makanan utama burung walik kepala-ungu adalah buah ara serta buah-buahan kecil yang ada di dalam hutan. Dengan pola dan warna bulunya yang seperti itu, mereka biasanya dapat bertengger di atas pohon dan berkamuflase dengan rerimbunan pepohonan hutan.

Burung walik membangun sarang di atas pohon, dimana dalam satu pohon buah biasanya terdapat sekitar 17 kawanan. Burung walik akan bertelur sebanyak 1-2 butir untuk kemudian dierami selama kurang lebih 20 hari.

Burung walik kepala-ungu merupakan tipe burung pemalu. Mereka terkadang terlihat bertenger di pohon secara berpasangan atau sendirian. Populasi burung walik kepala-ungu sendiri menurut Red List IUCN berada pada status "Beresiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger