Informasi Tentang Burung Walik Rawamanu

Monday, June 3, 20130 comments

Burung Walik Rawamanu
Burung Walik Rawamanu memiliki nama latin Ptilinopus dohertyi. Atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Red-naped Fruit-dove.

Burung Walik Rawamanu masih termasuk dalam burung dari keluarga columbidae atau keluarga merpati. Burung ini termasuk jenis burung berbadan medium hingga besar. Panjang tubuhnya mencapai sekitar 33 - 35 cm.

Ciri khas dari burung walik rawamanu ini adalah bagian leher ke atas hingga kepala yang berwarna krem. Bagian leher ke bawah hingga ke bagian dada berwarna merah muda pucat, dan ada semacam garis putih yang memisahkannya dengan bagian yang berwarna biru mengkilap, ungu, atau hijau.

Burung Walik Rawamanu adalah burung endemik Pulau Sumba, NTT. Habitat burung jenis ini adalah hutan primer dan sekunder, hutan hujan tropis pegunungan, terkadang juga di daerah ngarai. Mereka cenderung hidup di daerah yang relatif tinggi, meski terkadang ada juga yang terlihat di daerah dengan ketinggian sekitar 160 m di atas permukaan laut.

Burung Walik Rawamanu termasuk jenis burung yang langka. Pada tahun 1989 dan 1992, sebuah sensus mendapatkan data rata-rata hanya ada 6,9 ekor burung dalam setiap kilo meter persegi. Sementara itu, burung ini hanya tersebar di wilayah yang luasnya hanya sekitar 1.080 km persegi. Sehingga diperkirakan populasi burung walik rawamanu di alam bebas pada saat itu hanya sekitar 9.100 ekor, dimana 6000 diantaranya adalah burung yang sudah dewasa.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung yang makanan utamanya berupa buah-buahan ini berada pada status "Rentan (VU)". Salah satu faktor pemicu kelangkaannya burung Walik Rawamanu ini adalah semakin berkurangnya habitat mereka.

Referensi : birdlife.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger