Mengenal Burung Mambruk Ubiaat

Saturday, June 1, 20130 comments

Foto Burung Mambruk Ubiaat
Burung Mambruk Ubiaat atau mambruk barat atau Mambruk mahkota-biru atau mambruk biasa memiliki nama latin Goura cristata. Dalam bahasa Inggris burung yang satu ini dikenal dengan nama Western Crowned Pigeon.

Burung yang masih kerabat dekat dengan merpati ini memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan. Ciri khas dari burung mambruk ubiaat ini adalah bulu mahkota yang ada di atas kepalanya serta sekitar matanya yang dikelilingi bulu berwarna gelap.

Burung mambruk ubiaat termasuk jenis burung yang berukuran cukup besar. Burung yang termasuk dalam jenis yang tercantik dari keluarga merpati ini memiliki panjang tubuh sekitar 70 cm dengan berat sekitar 2 kiloan.

Habitat burung mambruk ubiaat adalah hutan hujan dataran rendah di bagian barap Pulau Papua, sementara di bagian lain dihuni oleh burung mambruk jenis lainnya lagi. Makanan utama burung mambruk ubiaat adalah biji-bijian.

Burung Mambruk Ubiaat saat ini berada dalam status "Rentan (VU)" dalam Red List IUCN. Populasinya terus menurun karena habitatnya yang terus menyempit, dan daerah sebarannya yang terabatas. Selain itu, burung ini juga banyak diburu oleh warga papua untuk dimakan dan diambil bulu indahnya.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger