Mengenal Burung Walik Topi Biru

Thursday, June 6, 20130 comments

Foto Burung Walik Topi Biru
Burung Walik Topi Biru memiliki nama latin Ptilinopus monacha dan dikenal dengan nama Blue-capped Fruit-dove di dunia internasional.

Burung walik topi biru termasuk kedalam jenis burung berukuran kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 18 cm. Ciri khas dari burung walik jenis ini adalah memiliki tudung biru di bagian kepalanya. 

Untuk burung walik topi biru jantan tudung biru pada bagian kepalanya bertepian kuning, serta memiliki bercak biru di bagian dada, sedangkan burung walik topi biru betina tidak memiliki bercak di bagian dada. Sementara burung yang masih remaja memiliki warna hijau kusam dengan perut bagian bawah dan penutup ekor bagian bawah berwarna lebih kuning.

Habitat burung walik topi biru adalah hutan pesisir bersemak, hutan mangrove, tepi hutan, perkebunan kelapa dengan lapisan tajuk bawah campuran antara semak yang tinggi, areal pertumbuhan sekunder yang tinggi, dan tanaman coklat dengan ketinggian hingga mencapai 750 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung walik topi biru adalah daerah Maluku bagian Utara yang meliputi Loleba kecil, Morotai, Ngelengele, Damar,  Halmahera,Lolada, Ternate, Tidore, Kayoa, Moti, Kasiruta, Obi dan Bacan.

Manurut data Red LIst IUCn, populasi burung walik topi biru berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger