Onagadori Cock, Burung Dengan Bulu Ekor Terpanjang di Dunia

Tuesday, June 11, 20130 comments

Foto Onagadori Cock, Burung Dengan Bulu Ekor Terpanjang di Dunia
Onagadori dalam bahasa jepang bermakna "Unggas Mulia". Onagadori merupakan jenis ayam domestik asal Jepang yang memiliki ekor super panjang yang bisa mencapai 10 m. Atau bahkan bisa lebih. Tidak mengherankan jika ayam ini kemudian disebut sebagai Burung Dengan Bulu Ekor Terpanjang di Dunia.

Onagadori Cock hadir dalam berbagai varian warna seperti Black-breasted Red, Black-breasted Silver, Goishi (a pale Black-breasted Golden) dan putih. Onagadori cock yang memiliki kaki berwarna biru tidak diakui.

Onagadori Cock memiliki ekor super panjang tersebut akibat dari mutasi dalam 'non-molting (nm)' gen yang menyebabkan bulu ekor terus tumbuh. Mereka juga mengalami mutasi pada gen 'gt' dan 'sg' yang menyebabkan bulu ekornya tumbuh sangat cepat. 

Onagadori mengalami masa kerontokan bulu tubuhnya sekitar 2 atau 3 tahun sekali. Namun, mutasi pada gen 'nm' ini menyebabkan bulu ekor si ayam tidak mengalami kerontokan dan akan terus tumbuh seumur hidupnya. Rekor bulu ekor onagadori terpanjang yang pernah tercatat adalah 11,3 m

Onagadori cock berbeda dengan ayam jenis 'Phoenix' yang juga berasal dari Jepang dan memiliki ekor panjang. Hingga saat ini onagadori cock tidak ditemukan di negara lain selain Jepang. Di jepang ayam unik ini dilindungi.

Kebanyakan, ayam jenis ini dikurung dalam sebuah kandang khusus, sementara bulu ekornya yang panjang digulung seperti di keriting dan digantung di dinding agar terlindungi. Usia harapan hidup Onagadori cock sekitar 10 tahun. Dan selama itu bulu ekornya akan terus tumbuh.
Referensi : softpedia.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger