7 Burung Nasional Paling Cantik di Dunia

Sunday, July 21, 20130 comments

Jika kita mendengar nama burung Kiwi, pastilah kita akan langsung teringat dengan Selandia Baru. Yup, karena Kiwi memanglah burung nasional dari negara tersebut. Nah, dari banyak spesies burung yang diangkat menjadi burung nasional suatu negara, berikut ini ada 7 jenis burung nasional yang dianggap sebagai yang tercantik dari yang lainnya. apa sajakah itu???

1. Burung Merak (India)
Foto burung Merak
Photo: Vidhya Narayanan
Merak merupakan simbol dari kejayaan dan keabadian di masa kuno. Burung yang sangat cantik ini merupakan burung nasional negara India, dan merupakan salah satu spesies burung paling terkenal di dunia karena pola ekornya yang indah. Bulu Merak memiliki ciri khas yaitu sebuah pola yang terlihat seperti gambar mata yang colorful yang konon memiliki kemampuan penyembuhan spiritual. Merak jantan lebih cantik daripada Merak betina. Di dalam ajaran Hindu, Merak diasosiasikansebagai Laksmi, dewa keberuntungan, kebaikan, dan kebajikan. Dan burung ini akan tampak begitu mempesona ketika mereka memegarkan bulu-bulu mereka.

2. Burung Blue Jay (Kanada)
Foto burung blue Jay
Photo: Dave Menke
Burung ini adalah seekor burung indah berbulu biru yang penuh rasa keingintahuan dengan kalung hitam membentuk huruf 'U' di sekitar lehernya. Burung yang menjadi burung nasional negara Kanada ini dikenal sebagai burung yang cerdas. Burung Blue Jay juga dikenal mampu mengeluarkan berbagai variasi suara. Sayangnya, burung ini memiliki kemampuan terbang yang lambat, sehingga mereka adalah sasaran empuk para predator. Burung Blue Jay merupakan burung kebanggaan Pulau Prince Edward, Kanada.

3. East African Crowned Crane, Uganda
Foto East African Crowned Crane
Photo: Luc Viatour
Burung yang masih keluarga bangau ini memiliki bulu kaku berwarna keemasan yang menyerupai mahkota di kepalanya. Burung ini merupakan burung nasional negara Uganda. East African Crowned Crane merupakan anggota yang paling primitif dari keluarga Gruidae yang masih hidup saat ini. Sayangnya, saat ini habitat mereka semakin terancam.


4. Crimson Sunbird, Singapura
Foto Burung Crimson Sunbird
Photo: Yathin S K
Memang, burung ini berbadan mungil, mirip seperti burung kolibri. Panjangnya hanya sekitar 4 inch. Meskipun demikian, burung nasional negara Singapura ini memiliki bulu yang colorful yang sedap dipandang.

5. Flamingo, Bahama
Foto burung flamingo
Photo: Robert W. Howington
Dikenal juga dengan nama Caribbean flamingo. Burung ini dapat ditemukan di daerah Amerika Tengah, Meksiko Selatan, dan wlayah Karibia. Flamingo jenis ini merupakan satu-satunya spesies flamingo yang secara alami mendiami wilayah Amerika Utara. Sementara West Indian Flamingo merupakan burung nasional negara Bahama.

6. Hoatzin, Guyana
Foto Burung Hoatzin
Photo: Linda De Volder
Burung nasional Guyana ini merupakan jenis burung yang atraktif, dengan pola warna bulu yang colorful di seluruh tubuhnya. Sayangnya, mesi terlihat berpostur menawan, burung ini dikenal juga dengan nama stinkbird, karena baunya yang seperti kotoran.

7. Burung Cardinal, Amerika Serikat
Foto burung cardinal
Photo: Tattooeddreamer
Burung ini diangkat sebagai burung kebanggaan di 7 negara bagian di AS. Burung ini termasuk jenis songbird. Mesipun saat ini beberapa spesies dari burung ini mendekati status "Terancam Punah", tetapi mereka masih sering terlihat di taman-taman.

Referensi :  environmental graffiti
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger