Mengenal Burung Gelatik Jawa

Sunday, July 21, 20130 comments

Foto Burung Gelatik Jawa
Burung Gelatik Jawa merupakan spesies burung dari suku Estrildidae yang memiliki nama latin Padda oryzivora. Burung ini cukup terkenal di Indonesia karena merupakan salah satu jenis burung yang populer untuk dipelihara.

Burung Gelatik Jawa merupakan burung kicau berbadan kecil. Tubuhnya hanya sepanjang kira-kira 15 cm. Ciri khas burung gelatik jawa adalah kepala hita dengan pipi putih dan paruh berukuran besar yang berwarna merah.

Gelatik Jawa dewasa memiliki bulu berwarna abu-abu, bagian perut berwarna cokelat kemerahan, kaki merah muda, serta memiliki lingkaran merah di sekitar mata. Sedangkan gelatik jawa uda warna bulunya dominan cokelat. Burung betina dan jantan memiliki penampilan yang serupa.

Burung Gelatik Jawa merupakan salah satu burung endemik Indonesia. Habitat gelatik jawa di alam liar adalah daerah sawah, lahan budidaya, hingga hutan padang rumput. Daerah penyebaran Gelatik Jawa adalah di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Meskipun demikian, saat ini gelatik jawa sudah banyak dikenal di mancanegara sebagai burung peliharaan.

Burung Gelatik Jawa senang berkeliaran secara berkelompok serta berpindah-pindah dalam waktu dekat. Makanan utama burung gelatik jawa adalah biji-bijian, buah-buahan, serta serangga. Yang unik dari burung jenis ini adalah, betina dan jantan bersama-sama mengerami telur hasil hubungan mereka.

Sayangnya, menurut Red List IUCN, populasi burung gelatik jawa saat ini berada pada status "Rentan (VU)". Diperkirakan, hilangnya habitat, terbatasnya daerah penyebaran serta perburuan liar menjadi penyebab utama menurunnya populasi burung cantik ini di alam liar.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger