Bolt, Burung Merpati Termahal di Dunia

Thursday, July 11, 20130 comments

Foto jutawan China yang membeli Bolt di situs pigeon paradise
Burung merpati balap ini disebut-sebut sebagai burung merpati tercepat di Eropa. Dan sekarang dia mendapatkan nama baru, nama yang diambil dari seorang pelari tercepat dunia asal Jamaica, Usain Bolt, sekaligus menyabet rekor baru sebagai burung merpati termahal di dunia.

Seorang jutawan asal China yang merupakan seorang pecinta merpati, telah membeli Bolt dengan harga fantastis £300,000. Bolt dibeli dari sebuah acara lelang burung merpati yang diselenggarakan oleh seorang berkebangsaan Belgia bernama Leo Heremans (66).

Acara lelang burung yang dilakukan secara online ini, setidaknya diikuti oleh lebih dari 300.000 calon pembeli dari seluruh dunia. Leo sendiri berhasil meraup uang sebesar  £3.800.000 setelah berhasil menjual 530 merpati balap miliknya.

Leo Hereman sudah menghabiskan waktu sekitar 40 tahun untuk mengembangkan merpati jenis ini. Dia pun mendapat sebutan sebagai "pigeon whisperer" karena kebiasaannya 'berbicara' dengan merpatinya sebelum melakukan balapan besar. Namun dia terpaksa menjual merpati-merpati balap miliknya lantaran ia terkena sebuah virus yang disebabkan oleh kontak terus menerus dengan merpati.

Bolt memegang titel yang tercepat di Belgia setelah menang balapan tahun lalu. Sebelumnya rekor harga burung termahal adalah £250,400. Burung tersebut juga terjual di Belgia tahun lalu.
"Orang China itu tahu keuntungan memelihara merpati," ungkap Yi Manna, kepala PiPa pigeon auction house (semacam rumah lelang burung merpati di Belgia). "Sebotol anggur, tetaplah satu botol. Namun jika anda memiliki merpati yang bagus, dia bisa melahirkan banyak anak-cucu."
Sebenarnya Leo memang sudah kaya meskipun dia tidak menjual merpati-merpati kesayangannya. Dia adalah seorang pengusaha berlian yang sukses. Saat ditanya berapa banyak untung yang dia dapat dari menjual burung-burungnya, Leo hanya menjawab "Saya benar-benar terkesima."

Merpati balap di Belgia sendiri dikembangkan dari satu ras khusus merpati balap yang dikenal dengan nama 'Racing Homer'. Di Belgia sendiri, balap merpati memang sangat populer, dimana puncak kepopulerannya terjadi pada abad ke-19.

Referensi : dailymail
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger