Burung Pitohui, satu-satunya burung yang beracun di dunia yang berasal dari Papua

Friday, July 12, 20130 comments

Foto Burung Hooded Pitohui
Burung Hooded Pitohui memiliki nama latin Pitohui dichrous. Merupakan spesies burung kicau (songbird) cantik berbulu hitam-orange yang berasal dari Papua. Burung ini masih termasuk kedalam keluarga Oriolidae.

Burung Hooded Pitohui dan dua sodara dekatnya Variable Pitohui dan Brown Pitohui, merupakan spesies burung beracun pertama yang sudah didokumentasikan. Kemungkinan besar saat ini, burung Pitohui ini adalah satu-satunya burung beracun di dunia, dan yang paling beracun diantara semua spesies burung yang sudah dikenal.

Burung Pitohui memiliki sebuah neurotoxin yang disebut dengan homobatrachotoxin. Racun tersebut terdapat dibagian kulit dan bulu si burung. Racun ini akan menyebabkan orang yang menyentuhnya mengalami mati rasa dan kesemutan.

Diperkirakan burung pitohui beracun karena mereka memakan kumbang Choresine yang merupakan anggota keluarga Melyridae. Konon, ada kemungkinan bahwa kumbang ini juga lah yang menyebabkan katak panah (poison dart frog) memiliki racun lethal batrachotoxin di tubuhnya.

Daerah penyebaran Burung Pitohui adalah di seluruh Papua. Saat ini, populasi mereka berada pada status "Resiko Rendah (LC)" IUCN Red List.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger