Jenis burung yang berpuasa paling lama

Friday, July 12, 20130 comments

Foto penguin emperor
Jangan kira hanya manusia saja yang menjalani puasa. Beberapa jenis hewan pun demikian halnya. Lama 'puasa' mereka pun bervariasi. Seperti burung yang berpuasa ketika mereka tengah mengerami telur-telur mereka. 

Setiap spesies burung memiliki masa 'puasa' yang berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa hari saja, hingga beberapa bulan. Ayam kampung misalnya, mereka berpuasa sekitar 21 hari hingga telur mereka menetas. Dan tahukah anda, jenis burung apa yang 'berpuasa' paling lama???

Adalah Penguin Emperor, jenis burung yang berpuasa paling lama. Lebih tepatnya penguin emperor jantan. Mereka akan berpuasa selama kurang lebih 115 hari. Selain menahan haus dan lapar, mereka juga harus bertahan dari udara musim dingin di Antartica yang bisa mencapai -40°C.

Musim kawin Penguin Emperor terjadi sekitar Maret dan April, ketika semua semua penguin emperor dewasa bergerak menuju sarang koloni mereka. Seekor penguinemperor betina akan menelurkan satu butir telur, lalu dengan sangat hati-hati menitipkannya kepada sang jantan sebelum kembali ke laut untuk mencari makan. Hmm, kalo kalian sudah pernah menonton film animasi "Happy Feet", kalian pasti tidak asing dengan periode ini.

Proses mengerami telur tersebut hingga menetas memang hanya sekitar 64 hari. Namun penguin emperor jantan akan sudah mulai berpuasa sejak mereka tiba di koloni. Totalnya mereka akan berpuasa sekitar 115 hari.

Untuk bertahan dari suhu dingin yang ekstrim dan kecepatan angin yang mencapai 200 km/jam, para penguin jantan akan bergerombol dalam satu kesatuan. Selama 4 bulan masa perjalanan, kawin, hingga telur menetas, seekor penguin emperor jantan akan kehilangan berat badan kurang lebih 20 kg.

Penguin betina akan kembali dari mencari makan ketika telur-telur sudah menetas. Kemudian mereka akan mengambil alih perawatan si bayi pinguin dan memberi mereka makan dengan makanan yang berhasil dikumpulkan di dalam perut mereka selama masa berburu di laut.

Setelah itu, giliran penguin emperor jantan yang pergi ke laut untuk mencari makan. Sekitar 24 hari kemudian mereka akan kembali lagi. Sekitar 45 hingga 50 hari setelah menetas, bayi pinguin akan ditinggal di dalam goa perlindungan (semacam tempat penitipan anak). Bayi-bayi penguin tersebut akan berkumpul dan saling menghangatkan serta saling melindungi. Selama masa ini kedua orang tua si bayi penguin akan mencari makan di laut dan kembali secara berkala untuk memberi anak-anak mereka makan.
 
Referensi : avesbirdingtours
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger