Mengenal Burung Pergam punggung-hitam

Friday, July 26, 20130 comments

Gambar burung pergam punggung hitam
Burung Pergam punggung-hitam memiliki nama latin Ducula lacernulata. Dalam bahasa Inggris, burung yang masih termasuk kedalam keluarga Columbidae, dari genus Ducula ini dikenal dengan nama Dark-backed Imperial Pigeon.

Pergam punggung-hitam memiliki panjang tubuh sekitar 45 cm, dengan bulu yang berwarna sangat gelap. Habitat burung Pergam punggung-hitam adalah derah hutan di pegunungan. Makanan burung Pergam punggung-hitam adalah buah-buahan.

Bagian kepala dari burung ini berwarna semua merah muda. Begitu juga pada bagian leher serta tubuh bagian bawahnya. Sementara tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu tua kecokelatan, dan terdapat garis lebar berwarna abu-abu di ujung ekornya.

Burung ini aktif pada waktu pagi dan sore hari. Pada siang hari, mereka cenderung duduk diam berada di bagian bawah pohon. Sarang burung Pergam punggung-hitam terbuat dari ranting-ranting pohon dan berbentuk seperti panggung.

Burung jenis ini mengalami musim kawin sekitar bulan Maret, Oktober, dan November. Biasanya mereka akan bertelur satu butir kemudian akan mengeraminya.

Daerah penyebaran burung pergam punggung hitam antara lain di wilayah Jawa, Bali, Lombok, dan Flores. Menurut data dari Red List IUCN, populasi burung Pergam punggung-hitam berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger