Mengenal Burung Pipit

Saturday, August 31, 20130 comments

foto burung pipit
Burung Pipit memiliki nama latin Nilgiri Pipit. Burung ini merupakan spesies dari genus Anthus yaitu jenis burung kicau kecil dengan ekor yang berukuran medium hingga panjang dan juga termasuk dalam keluarga Motacillidae.

Burung pipit memiliki tubuh ramping dengan ekor panjang dan lebih banyak menghabiskan waktunya berada di permukaan tanah untuk mencari makan. Mereka adalah burung monogami (satu pasangan seumur hidup), dan teritorial.

Makanan utama burung pipit adalah serangga, tetapi mereka juga memakan larva, cacing, dan invertebrata kecil lainnya. Namun beberapa spesies burung pipit ada juga yang makan biji-bijian dan bahkan ikan-ikan kecil.

Daerah penyebaran burung pipit adalah di seluruh benua, kecuali wilayah gurun yang sangat gersang, hutan hujan, dan kedalaman benua Antartika. Pipit membuat sarang di permukaan tanah. Biasanya mereka akan bertelur hingga 6 butir sebelum dierami.

Menurut data yang tertulis di wikipedia, di dunia ini terdapat lebih dari 40 spesies burung pipit (genus Anthus) . Namun jumlah pastinya masih diperdebatkan karena ada yang mengakui hanya ada 34 spesies. Hal ini membuat mereka menjadi genus dengan anggota keluarga terbanyak.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger